Ramadhan Seluruhnya Berkah

1 08 2011

Dalam sebuah hadits panjang yg diriwayatkan oleh Salman beliau berkata: Rasulullah berkhutbah pada hari terakhir di bulan Sya’ban, beliau bersabda:

“Wahai sekalian manusia, kalian telah dinaungi bulan agung nan diberkahi….. bulan yang awalnya adalah rahmat, pertengahannya magfhirah (pengampunan) dan akhirnya adalah pembebasan daria api neraka……”

Penjelasan:

Hadits ini lemah. Ibnu Khuzaimah sendiri telah mengisyaratkan hal itu, karenanya, beliau memberi judul hadits ini: “Keutamaan Bulan Ramadhan, jika haditsnya shahih”. Hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Bayhaqi. Dalam isnadnya ada kelemahan, sebab terdapat Abu al-Hasan Ali ibn Zaid ibn Ju’dan al-Taymi dia seorang yang lemah menurut para imam ahli hadits, seperti Imam Ahmad, Yahya ibn Ma;in dan Yahya ibn Said al-Qathhan rahimahumullahu ta’ala jami’an. Abu Hatim mengatakan bahwa hadits ini mungkar sebagaimana yang dinukil oleh al-Albani dalam silsilah al-Hadits al-Dha’ifah no. 871.

Dari segi matan, makna hadits ini pun tidak tepat, karena seolah-olah memberi pengertian bahwa rahmat Allah hanya terkhusus pada sepertiga awal dari Ramadhan, maghfirah pada 1/3 pertengahan dan pembebasan dari api neraka hanya terkhusus pada 1/3 akhir. Tambahan pula, makna hadits ini bertentangan dengan beberapa hadits shahih yang menunjukkan bahwa rahmat, maghfirah dan pembebasan dari api neraka terdapat pada sepanjnag bulan Ramadhan.

Perhatikan hadits-hadits berikut :

Dari Abu Hurayrah berkata: Rasulullah bersabda: “Jika datang bulan Ramadhan, terbukalah pintu-pintu rahmat, tertutup pintu-pintu neraka dan para syaitan terbelenggu”

Dari Abu Hurayrah berkata: Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) dilandasi keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah maka diampunkan baginya dosa yang telah lampau” dalam riwayat yang lain: “Barangsiapa yang mengerjakan puasa di bulan Ramadhan dilandasi keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah maka diampunkan baginya dosa yang telah lampau”

Dari Abu Hurayrah berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila telah masuk malam pertama di bulan Ramadhan, maka syaitan dan jin pengganggu terbelenggu, pintu-pintu neraka tertutup dan tidak ada satupun yang terbuka,pintu-pintu surga terbuka dan tidak satupun yang tertutup, akan ada malaikat yang menyeru: “Wahai para pencari kebaikan, menujulah (kepada kebaikan tsb); wahai para pencari kejahatan, berhentilah (dari kejahatan), Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari api neraka dan ini terjadi di setiap malam bulan Ramadhan

Ketiga hadits di atas secara gamblang menunjukkan bahwa rahmat, maghfirah dan pembebasan dari api neraka berlaku sepanjang bulan Ramadhan….. Wallahu a’lam.

By: Maman Zinedine Ahmada


Aksi

Information

Satu tanggapan

8 08 2011
Q087 Berbuka nasi hari ketujuh « Keluarga Sharif Yamah

[...] Seperempat berlalu bulam Ramadhan. Dalam sebuah hadits panjang yg diriwayatkan oleh Salman beliau berkata: Rasulullah berkhutbah pada hari terakhir [...]

Kasih komentar ya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: